Ombudsman RI Berikan Penguatan Pembangunan ZI WBBM di Rutan 1 Bandung

previous arrow
next arrow
Slider

Rumah Tahanan Negara Kelas I Bandung yang telah mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan akan meraih predikat Wilayah Birokraksi Bersih Melayani (WBBM) dengan terus meningkatkan pelayanan yang diberikan baik kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) juga seluruh stakeholder seperti Keluarga WBP serta Aparat Penegak Hukum eksternal seperti Kepolisian, Kejaksaan dan Lembaga Hukum terkait.

Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Barat sebagai salah satu Lembaga Negara yang bertugas untuk mengawasi jalannya penyelenggaraan pelayanan publik, menjadi salah satu stakeholder yang diundang secara virtual oleh Rutan 1 Bandung untuk memberikan penguatan terkait Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokraksi Bersih Melayani (WBBM). Kegiatan Penguatan kali ini diikuti oleh Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas I Bandung, Riko Stiven, Tim Pokja Pembangunan Zona Integritas menuju WBBM serta seluruh Petugas Juara Rutan 1 Bandung. Dalam sambutannya, Kepala Rutan 1 Bandung menyampaikan bahwa kegiatan virtual kali ini diikuti oleh seluruh pegawai baik dari ruangan kerja masing-masing, pos penjagaan atau rumah masing-masing bagi pegawai yang sedang menjalankan Work From Home (WFH).

Penguatan yang mengambil tema “Standar Pelayanan pada Rutan Kelas I Bandung Dalam Rangka Pembangunan ZI Menuju WBBM” ini dibawakan langsung oleh Asisten Madya Ombudsman RI yang juga merangkap Kepala Keasistenan Pencegahan Maladministrasi Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat, Fitry Agustine, melalui sambungan Video Conference. Penguatan mulai dari Kerangka Logis Pembangunan ZI munuju WBK/WBBM, Strategi Pelayanan Publik Berintegritas dan Menyenangkan hingga Standar Pelayanan dan Pengelolaan Pengaduan menjadi topik yang dibahas oleh Narasumber. Setelah pemberian materi, penguatan dilanjutkan dengan tanya jawab dan ditutup dengan permintaan yang disampaikan langsung oleh Kepala Rutan 1 Bandung kepada Ombudsman untuk melakukan visitasi dan menilai langsung Pelayanan Publik di Rutan 1 Bandung agar dapat menjadi bobot penilaian dalam pembangunan Zona Integritas menuju Rutan 1 Bandung berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).