GANDENG KEPOLISIAN, TNI, BNN, SERTA TOKOH MASYARAKAT (RT), RUTAN 1 BANDUNG GELAR RAZIA GABUNGAN

previous arrow
next arrow
Slider

Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57, Rumah Tahanan Negara Kelas I Bandung (Rutan 1 Bandung) sejalan dengan Surat Direktur Jenderal Pemasyarakatan lakukan kegiatan Razia Serentak yang juga turut diselenggarakan oleh seluruh UPT Pemasyarakatan. Dalam pelaksanaan Razia Gabungan kali ini, Rutan 1 Bandung turut mengundang personil Kepolisian dari Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Bandung, Kepolisian Sektor (Polsek) Batununggal, Prajurit TNI dari Koramil 1805 Kiaracondong-Batununggal, petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat (BNNP Jawa Barat) serta Ketua RT selaku perwakilan masyarakat setempat. Kegiatan ini dalam pelaksanaannya turut dimonitor langsung oleh Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat (Kanwil Kumham Jabar), terlihat Kepala Divisi Imigrasi, Heru Tjondro, yang melakukan pengawasan terhadap kegiatan Razia Gabungan malam hari ini. (Selasa, 6 April 2021)

Kegiatan diawali dengan Apel Gabungan yang diikuti oleh seluruh personil baik yang berasal dari Rutan 1 Bandung, Kanwil Kumham Jabar, BNN Provinsi Jawa Barat, Polrestabes Bandung, Polsek Batununggal serta Ketua RT setempat dengan jumlah total personil sebanyak kurang lebih 60 personil. Apel Gabungan yang dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Kelas I Bandung, Riko Stiven, dimana dalam arahannya menyampaikan kegiatan kali ini sebagai bentuk silaturahmi dan kerjasama antar seluruh stakeholder untuk memastikan kondisi keamanan serta monitoring eksternal atas antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban di Rutan 1 Bandung. Aparat Kewilayahan turut dilibatkan dalam kegiatan kali inikarena sejatinya Sistem Pemasyarakatan tidak hanya ditopang oleh Petugas Pemasyarakatan tapi juga oleh masyarakat secara umum karena Warga Binaan Pemasyarakatan yang telah selesai menjalani masa pidana akan dikembalikan ke masyarakat.

Apel Gabungan yang ditutup dengan doa bersama dilanjutkan dengan Razia kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan 1 Bandung untuk melakukan pengecekan kondisi isi dari kamar hunian maupun mencari adanya barang-barang terlarang di dalam kamar hunian. Hasil dari Razia Serentak ini pun langsung diinventarisir oleh petugas untuk selanjutnya dilakukan pemusnahan. Kegiatan ditutup dengan Press Release yang disampaikan langsung oleh Heru Tjondro dan Riko Stiven dengan didampingi oleh perwakilan-perwakilan instansi Aparat Penegak Hukum yang hadir.